Pesona Taman Air Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga adalah sebuah taman yang terletak di kabupaten Karangasem, Bali. Sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota Denpasar. Taman ini dibangun oleh seorang raja Karangasem yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948. Kita harus berterima kasih kepada beliau karena telah mewariskan taman air yang begitu indah.

Luasnya mungkin tidak lebih dari luas lapangan bola namun menyimpan pesona yang begitu menakjubkan. Hamparan sawah menyambut perjalanan kita sesaat kita memasuki area Tirta Gangga. Perlu diketahui wilayah dimana taman air ini berada juga diberi nama sesuai dengan nama taman ini.

tirta gangga

Pesona di kaki Bukit

Sejauh mata memandang hamparan perbukitan menghijau menemani perjalanan kita. Memang Karangasem wilayahnya sebagian besar adalah pegunungan dan perbukitan. Bukan tanpa alasan taman ini dibangun sang raja yang merupakan pecinta seni dan arsitektur, beliau juga ikut membangun dan merancang taman ini.

Sebuah area parkir yang selalu dipadati mobil pengunjung dan berjejerlah artshop dan restoran disepanjang jalan menuju taman. Kata-kata yang terucap takkan cukup mewakili keindahan taman yang mana ketika melewati gerbang selamat datang kita akan terpesona olehnya, bak seorang pemuda yang langsung jatuh cinta ketika melihat gadis impiannya.

 

Keindahan Tirta Gangga

Di sisi kanan anda kolam ikan dengan pijakan beton dimana kita bisa melangkah sambil bercengkrama dengan ikan-ikan didalam kolam. Melihat mereka berenang bersama-sama teman mereka mengingatkan akan kecintaan kita akan kehidupan yang tenang dan damai. Menyusuri langkah demi langkah untuk menjangkau sisi lainnya.

Sebuah menara air mancur ditengah taman, menambah suasana asri dan keindahan taman. Menara ini menjadi titik pusat taman dan menjadi tujuan utama para pengunjung untuk berfoto ria. Disisi kanan ada kolam yang lebih luas dengan jembatannya. Dibagian atas ada sebuah permandian umum.

Berkunjunglah disaat siang hari maka kamu akan melihat matahari. Berkunjunglah disaat malam maka kamu akan melihat bulan. Tak puas rasanya kalau ke Bali belum ke Tirta Gangga

No comments:

Post a Comment